Wednesday, September 14, 2016

Wisata kuliner dan makanan khas Kabupaten Brebes



Telur asin asli khas Brebes
Kalau kamu mampir ke daerah Brebes dan ingin membeli oleh-oleh telur asin, silakan mampir ke wilayah Kecamatan Wanasari, Jalan Pemuda, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenderal Sudirman. Di sana kamu bisa memilih aneka variasi telur asin, mulai dari yang mentah, matang, telur asin bakar hingga telur asin aneka rasa. Telur asin asli khas Brebes yang banyak di jual di kios-kios sebelah barat jembatan Kali Pemali. Telur ini berasal dari bebek pangon atau bebek yang diangon. Bebek ini hanya makan padi dan dipelihara di luar kandang. Bisa dibilang ini bebek organik sehingga menghasilkan telur asin organik. Tenang saja, telur asin tahan sampai sekitar seminggu. Tetapi jika sekedar untuk bekal dimakan selama perjalanan, telur rebus bisa menjadi pilihan. Ciri khas lainnya adalah telur asin masir yang bagian kuningnya agak berminyak. 
Apa yang membuat telur asin Brebes begitu istimewa? Selain melewati sejarah panjang dari era tahun 1950-an, telur asin Brebes juga dianggap berkualitas. 
Warna kuning telur begitu pekat dan cenderung ke arah jingga, serta bertekstur padat. Sementara putihnya lembut dan asin. Namun, amisnya tak terlalu kencang dan rasa asinnya pun tak begitu menyengat. 
Jika tak suka telur yang terlalu asin, Anda bisa pilih telur yang asinnya lebih terasa halus. Pilihan lain selain telur mentah dan telur rebus adalah telur asin asap dan telur asin bakar. Jangan lupa untuk mengetahui tanggal produksi telur asin yang akan Anda beli. Pilih telur asin yang masih segar. Untuk kemasan, tanggal pembuatan bisa Anda lihat di kotak kemasan. Isinya 10 biji dan biasanya masih dilumuri dengan bubuk bata merah pembuat telur asin. harga bervariasi



Wisata kuliner lainnya di Kabupaten Brebes;
Sate kambing muda khas Brebes dengan bumbu kecap, bawang dan cabe rawit, yang tersebar disejumlah tempat seperti di pertigaan Tanjung, Kota Brebes, Ketanggungan dan Jatibarang dan tempat lainnya.
Rujak Belut Mak Ribut di desa Cigedong

Bandeng Presto Duri Lunak khas Brebes yang banyak diproduksi oleh warga di sekitar Limbangan kota Brebes

Nasi lengko, menu sarapan pagi yang terdiri dari nasi, Ketimun, tahu, tauge, emping, sambal kacang dan kecap.

Tape ketan daun jambu, terbuat dari beras ketan (biasanya berwarna hijau) dan dikemas dengan menggunakan daun jambu, sehingga menambah aroma dan rasa.

Teh Poci Wasgitel, yaitu minuman teh yang wangi, sepet, legi dan kentel, merupakan minuman khas Kabupaten Brebes dan Tegal yang penyajiannya menggunakan poci dan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Dihidangkan dalam keadaan panas dengan pemanis berupa gula batu.

Kerupuk rambak yang diprodukis di wilayah Bumiayu, Brebes yang terbuat dari kulit kerbau.

Kerupuk rambak (terbuat dari kulit lembu), di daerah Bumiayu
Bakso Dengkil, Kersana

No comments:

Post a Comment