Wednesday, September 14, 2016

Wisata Kuliner khas Banyumas


Masakan khas Banyumas, yaitu:

Makanan


Mendoan tempe
Tempe Mendoan berasal dari Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Ciri khas yang sangat melekat dengan masyarakat asli banyumas. Kuliner ini ada setiap saat karena sangat cocok di nikmati dalam segala susana dan kondisi. 
Biasanya Tempe Mendoan paling nikmat di makan saat masih hangat terlebih jika di lengkapi dengan cabai hijau yang kecil atau sambal kecap yang mantap. Dijamin anda bakalan ketagihan. Cara membuat Tempe Mendoan sangat mudah dan cepat matang.
Tempe Mendoan cocok dijadikan sebagai lauk untuk makan dan pas juga dijadikan santapan cemilan dengan di temani teh manis hangat atau kopi anda. Tentunya anda akan merasakan kenikmatan dari Tempe Mendoan ini. Selain enak ternyata juga Tempe Mendoan ada kandungan gizinya. Ada protein dan karbohidrat di dalamnyMendoan adalah makanan khas Banyumas, biasanya kalau yang jalan-jalan ke Banyumas bawa oleh-olehnya ya mendoan ini.
Tempe medoan ini sudah sangat terkenal kenikmatanya,pokoknya buat kamu bisa makan ni sampai habis apalagi ditambah dengan sambal kecap tengisnya.

Sate Bebek Tambak
Makanan khas Tambak adalah sate bebek (sebetulnya sate itik manila) dengan bumbu manis kacang tanahnya. Sepanjang jalan negara Lintas Selatan Jawa di wilayah ibu kota kecamatannya, berjejer puluhan tempat penjualan sate bebek. Setiap tahun pada saat mudik, tempat ini menjadi persinggahan yang nyaman bagi keluarga yang pulang kampung.
Sate bebek lebih dipilih daripada daging lainnya, mungkin karena tekstur daging bebek yang lebih liat daripada daging ayam. Aromanya setelah matang pun unik, tidak serupa dengan sate ayam. Bahan untuk pembuatan sate terutama diambil dari bagian jeroan seperti hati dan daging bagian dada. Sate ini biasa disajikan bersama gulai (disebut becek dalam bahasa setempat) tulang-tulang dan kepala bebek, nasi hangat, bumbu manis kacang tanah, irisan tomat, irisan mentimun dan rajangan cabe untuk dicampur dengan sambal kecap bagi yang suka pedas.


Soto Sokaraja,
Merupakan salah satu makanan khas tradisional Indonesia dari daerah yang bernama Sokaraja, Purwokerto. Soto memang sering dinamai sesuai nama tempat awal dimana soto itu lahir. Soto Sokaraja ini memiliki kuah bening yang segar dan harum karena menggunakan jahe dan serai di dalam kuahnya, soto Sokaraja ini juga dibuat dengan berbagai macam aneka campuran rempah khas Indonesia lainnya, sehingga menambah kesegaran dan kegurihan dari rasa kuahnya.
Bagi anda penikmat soto, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat soto khas Sokaraja ini. Jangan lupa saat menyantapnya harus ditemani kerupuk dan nasi putih hangat. Soto Sokaraja adalah semacam soto yang terdiri dari berbagai macam variasi makanan mulai dari ketupat, daging, kerupuk, dan lain sebagainya yang ditambah bumbu khas. Nama Sokaraja diambil dari nama daerah di Kota Purwokerto yang menjadi pionir soto ini. Tak pas rasanya ke Purwokerto kalau tidak mencoba soto yang sudah mendunia ini, jika anda ingin mencoba Soto Sokaraja dari pusat kota anda menuju daerah Sokaraja tidak jauh dari pusat kota

Minuman
Minuman khas Banyumas, yaitu:
Kota banyumas dan kota banjarnegara merupakan dua daerah perbatasan yang masyarakatnya sama-sama pintar atau mahir dalam membuat dawet ayu. minuman sejenis ini pun dapat anda temukan juga di daerah jawa barat dan dikenal dengan sebutan nama es cendol. di jawa barat sendiri ada beberapa jenis cendol yang cukup terkenal misalnya es cendol bandung , es cendol tasik , es goyobod dan lainnya sebagainya. Selain es batu yang digunakan, tentunya yang menambah kesegaran ini adalah butiran dawet yang terbuat dari tepung beras atau tepung hunkwe yang dimasak yang terasa kenyal. ukuran butiran cendol di daerah jawa barat lebih besar dibanding dengan ukuran butiran dawet ayu yang berada di kota banjarnegara. terbuat dari daun pandan wangi atau daun suji dawet ayu pun mempunyai warna yang hijau cantik, padahal warna dawet ayu yang khas adalah berwarna hitam karena pengaruh dari beras ketan hitam dan kadang mengunakan buih dari merang padi. walaupun dalam pembuatannya di sertai dengan daun pandan wangi atau daun suji, es dawet ayu yang khas akan lebih dominan dengan warna hitam dari pada warna hijau 


No comments:

Post a Comment