Wednesday, September 14, 2016

Agrowisata Salak Sodong di Kabupaten Batang

Agrowisata Salak Sodong
Salak Sodong atau buah salak ini merupakan produk unggulan dari Kabupaten Batang dalam bidang pertanian dan perkebunan hortikultura. Hasil pertanian buah salak tersebut memiliki rasa yang begitu khas sama dengan salak pondoh yang ada di Kabupaten Seleman serta buah salak yang ada di Kabupaten banjarneagara. Salak Sodong sebenarnya adalah salak yang berasal dari Kabupaten Sleman. Tanpa harus meninggalkan ciri khas daerah asalnya, Salak Sodong benar – benar memiliki rasa dan bentuk besar seperti salak lokal dengan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Rasa dari buah Salak Sodong tersebut lumayan manis, oleh sebab itu buah salak ini dijadikan sebagai komoditi andalan wilayah sekitar. 
Terletak di Desa Sodong Kecamatan Wonotunggal dengan jarak ± 17 km dari ibu kota Kabupaten Batang dengan ketinggian 600 - 800 m dari permukaan laut. Desa Sodong memiliki potensi yang dalam pembangunan yaitu Curug dan Agrowisata Salak Sodong, selain itu juga dikenal sebagai penghasil kapulogo, panili, dan cengkeh. Salak Sodong pada tahun 1999 pernah menjadi juara lomba buah Tingkat Jawa Tengah. Selain bisa menikmati Salak langsung dari pohonnya, Anda juga bisa menimba ilmu dari para petani Salak yang ada di area wisata ini. Mulai dari cara menanam, merawat, hingga memanen Salak. Tak hanya bisa menikmati perkebunan Salak, Anda juga akan disajikan pemandangan berbeda dengan adanya perkebunan lain yang meliputi perkebunan Kapulogo, Vanilli, dan Cengkeh. Bahkan, di area argowisata ini Anda juga bisa menikmati pemandangan alam lain berupa air terjun alami yang bernama Curug Genting, yang lokasi tak jauh dari Argowisata Salak Sodong.


Wisata di Kabupaten Batang
Agrowisata Salak Sodong | Curug Genting | Curug Gombong | Pantai Sigandu | Upacara Nyadran |  Pantai Ujungnegoro | Pantai Pelabuhan



No comments:

Post a Comment